Rabu, 31 Agustus 2016

Farid Savarudin

Tetanggaku Beriman

Oleh Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, MA

Assalamu'alaikum

Ke manapun Anda pergi anda tidak akan pernah bisa hidup seorang diri, Anda pasti hidup bermasyarakat memiliki tetangga, anda tidak akan bisa hidup di dunia ini hanya sebatangkara, tetangga anda pasti memiliki peran siapapun mereka, sebelum anda menentukan tempat tinggal, sebelum anda membangun, sebelum anda membeli rumah, tentukanlah siapa tetangga anda.

Dengan siapa anda akan bertetangga. karena tetangga yang baik, tetangga yang sholeh memotivasi anda untuk jadi orang yang soleh. namun tetangga yang jelek tentu mereka akan mengganggu, baik gangguan kesadaran tetangga dengan suara suara kegaduhannya ataupun dengan gangguan mempengaruhi iman anda. Karenanya tetangga an memiliki peran yang sangat besar dalam Islam, Rasul mengatakan Jibril terus-menerus pesan kepadaku untuk acara menekankan kepada kalian Agar kalian berbuat baik dengan tetangga. tetangga memiliki peran yang besar, tetangga memiliki arti yang besar dalam hidup anda, karena Hormatilah mereka. hargailah mereka jagalah perasaan mereka. Islam begitu menekankan kepada umatnya untuk membangun masyarakat yang harmonis, wujudkan hal masyarakat yang bahu-membahu.


“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, Jangan sekali-kali engkau menyakiti tetangga kamu”.


Dalam riwayat lain Rasulullah begitu berat mengaitkan antara bagaimana anda bertetangga dengan mutu Iman anda, beliau mengatakan “tidak beriman tidak sempurna iman anda bila tetangga anda tidak merasa aman dari gangguan gangguan Anda”.


Dengan cara ini masyarakat anda akan damai tentram, anda menjadi tetangga yang baik Dan diapun cepat atau lambat akan membalas perbuatan anda dengan cara yang serupa.


Bagaimana pun engkau memperlakukan orang lain, maka demikian pula lah mereka akan menyikapi anda, bila anda bersikap santun dengan tetangga mereka pun akan bersikap serupa, bila anda memberikan uluran tangan pada tetangga mereka pun akan berbuat serupa, bila anda empati dengan tetangga menjaga perasaan dia maka tetangga pun akan bersikap serupa.

“Adakah balasan bagi suatu amal kebajikan kecuali amal kebajikan yang serupa”, itulah prinsip kita dalam bertetangga bermasyarakat, dengan cara ini InsyaAllah masyarakat kita akan jadi masyarakat yang harmonis, masyarakat yang saling bahu-membahu, masyarakat yang saling sayang-menyayangi bukan masyarakat yang tentang tentang saling memusuhi hasad iri dan dengki.

Wassalamu’alaikum


Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :