Kamis, 04 Agustus 2016

Farid Savarudin

Ritual Salam - Salaman Setelah Shalat



Dalam islam kitak tidak pernah diajarkan bersalaman setelah melaksanakan shalat, namun salaman yang diajarkan adalah salaman ketika 2 orang muslim saling bertemu.

Dalam Hadist yang artinya " apabila ada orang 2 muslim yang bertemu kemudian saling berjabat tangan , maka dosa dosanya akan diampuni sebelum keduanya berpisah" HR Abudaud.

Karena itulah Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita, agar selesai shalat langsung beristigfar, memohon ampun kepada Allah SWT, bukan salaman kanan dan kiri jamaah.
Cara berdzikir yang di syariatkan oleh Allah SWT adalah dengan dibaca dengan ikhlas, suara pelan dan tidak keras.

Dan allah mengingatkan dalam surat dalam surat al araf 205


وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا 

تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ


artinya : Sebutlah nama Rab-Mu, ingatlah nama Allah dengan ikhlas dari dirimu dengan perlu merendahkan diri pada Allah SWT dan disertai rasa takut dan jangan disertai suara keras baik yang dibaca yang dipagi hari maupun yang dipagi hari.


Kemudian apabila  keluar dari dalam mesjid, maka tidak di syariatkan sujud dulu, karena dalam islam tidak ada istilah sujud berpamitam mesjid . Sujud dalam islam hanya di syariatkan 4.
yaitu :
1. Sujud ketika kita Shalat
2. Sujud ketika kita lupa dalam shalat 
3. Sujud Tilawah
4. Sujud Syukur


Demikian isi artikel nya semoga bermanfaat untuk kita semua

Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :