Sabtu, 20 Agustus 2016

Farid Savarudin

Tips Memilih Teman

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala bukan seorang diri, dia adalah makhluk sosial, dia membutuhkan kawan, hidup bermasyarakat, dan bernegara. Namun orang pintar, cerdas dan orang pandai adalah orang-orang yang mampu memilih kawan. Pepatah Arab mengatakan
“kawan itu entah dia kan menarikmu, atau engkau menarik dia”
Pandai-pandai lah mencarinya,  sebab  Allah berkata jika kita tidak pandai memilih kawan itu akan menjadi musuh kita.

Allah berfirman


“Kawan dan teman pada hari kiamat akan menjadi musuh satu sama lainnya kecuali perkawanan itu atas dasar ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta'ala”  

Baginda Rasulullah memberikan nasehat dan wejangan, bagaimana kiat kita, bagaimana tips kita ketika kita memilih kawan. Dalam bentuk perumpamaan, Nabi menyatakan

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ
“Perumpamaan teman duduk yang baik kawan yang baik dengan kawan yang buruk adalah seperti berteman dengan penjual minyak wangi dan berteman dengan pandai besi” .

Penjual minyak wangi apabila kita berteman dengannya,entah kita akan membeli darinya, atau kita akan dicolekin, atau minimal kita dapat cipratan wangi-wangi nya, Tapi duduk yang buruk yang diumpamakan ibarat Nabi seperti pandai besi, entah dia akan membakar pakaian mu atau engkau akan tertimpa bau busuk.

Pandai-pandai lah mencari kawan, teman . Dan teman ini yang baik adalah yang membantu mu dalam kebaikan dan dia menasihati mu ketika engkau salah dan dia tidak mencelamu ketika engkau melakukan suatu kekurangan dan kesalahan dan dia pun memaafkan mu.

kawan dan teman itu akan menggiring kita kepada kebaikan atau keburukan. berbahagialah orang yang berteman dengan orang-orang yang baik, namun celakalah dan rugi orang yang berteman dengan yang buruk.

Mungkin sekian nasihat dari saya mudah-mudahan bermanfaat, dan saya akan lampirkan video ceramah nya juga


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :