Rabu, 24 Agustus 2016

Farid Savarudin

Kesimpulan Seluruh Ilmu Agama

Oleh : Ustadz Firanda Andirja

Halima Maza Habi dalam kitabnya menyebutkan “Ada seorang lelaki yang meminta kepada Ibnu Umar untuk menuliskan seluruh ilmu” Tapi ibnu umar dengan keluasan ilmunya dia menjawab suatu jawaban yang indah  
“Sesungguhnya ilmu itu banyak tetapi jika kamu mampu untuk bertemu dengan Allah dalam kondisi engkau tidak menumpahkan darah kaum muslimin, dan perutmu kosong dari memakan harta kaum muslimin, dan kau menjaga lisan mu dari harga diri kaum muslimin serta engkau melajimi jamaah mereka".

Maka lakukanlah empat perkara yang disebutkan oleh Ibnu Umar RA,  dan ini telah meringkas seluruh ilmu agama ini, seorang berusaha untuk bertemu dengan Allah subhanahu wa ta'ala dalam kondisi tidak menumpahkan, tidak melukai darah kaum muslimin, dalam kondisi tidak mau makan sama sekali harta kaum muslimin, dan menjaga lisannya untuk tidak menumbuhkan harga diri kaum muslimin ,serta Melajimi jama’ah  mereka, maka dia telah bertemu dengan Allah dengan pertemuan yang terbaik.

Dan inilah wasiat yang telah disampaikan oleh Nabi ketika dalam Haji Wada, Rasulullah mengatakan

“Sungguhnya darah kalian ,harta kalian, harga diri kalian haram bagi kalian tidak boleh dilanggar ,darah tidak boleh ditumpahkan, harga tidak boleh diambil, harga diri tidak boleh dijatuhkan".
Dalam riwayat yang lain.

Sesungguhnya ada 4 perkara yang harus diperhatikan,
  1. Janganlah kalian berbuat Syirik kepada Allah sama sekali,
  2. Janganlah kalian membunuh suatu jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk dibunuh.
  3. Janganlah kalian berzina
  4. Janganlah kalian mencuri




Ini berhubungan dengan hak-hak para hamba . Oleh  karena seorang tat kala hidup di atas muka bumi ini, dia akan terjerumus dalam kemaksiatan,  tetapi jika dia kau harus bermaksiat Maka jangan sampai dia bermaksiat hubungan dengan hak-hak kaum muslimin yang lainnya.
dia akan disidang oleh Allah subhanahu wa ta'ala,  di akan ditutup oleh kaum muslimin lainnya di akhirat dan ingat di antara hak hak kaum muslimin yang sangat besar dosa-dosa yang sangat besar ada yang berkaitan dengan harta, darah dan harga diri .

Seseorang berusaha, keluar di dunia ini bertemu dengan Allah subhanahu wa ta'ala dalam kondisi tidak mengganggu kaum muslimin yang lainnya, inilah kumpulan ilmu dari seluruh ilmu agama yang telah dibuatkan oleh Abdullah bin Umar RA. Semoga kita bisa mengamalkannya



Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :