Sabtu, 13 Agustus 2016

Farid Savarudin

Do'a Tak Kunjung Dikabulkan

Assalamu'alaikum



Ketika kita sedang berdoa kepada Allah atau ketika kita telah lama berdoa kepada Allah, terkadang seringkali kita merasa jawaban Allah terhadap kita begitu lambat, kita sudah berdo’a 1 tahun, 2 , 3, 4 tahun atau lebih ,  Tapi ternyata mengapa doa kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT juga.  Dan sampai kita berburuk sangka kepada Allah SWT.
Allah berfirman yang artinya “Aku pasti meng ijabah do’a orang yang berdo’a kepadaku apabila ia berdo’a kepadaku”.

Yang harus kita perhatikan bahwasanya doa seorang hamba yang Muslim dan Mukmin pasti dikabulkan. Tapi kata Rasulullah SAW , pengabulan doa itu dengan salah satu dari tiga
  1. Diberikan apa yang dia minta.
  2. Disimpan di dalam surga.
  3. Diselamatkan dari marabahaya.

Terkadang kita punya anak kecil , lalu anak kita merengek-rengek minta sesuatu yang dia inginkan,dan kita tahu bahwasanya kalau kita berikan sesuatu tersebut akan membahayakan Si Anak.
Saya yakin kita tidak mau memberinya walaupun Si Anak menangis. Ini contoh kasih sayang orang tua dengan anaknya, tapi Allah dengan makhluknya melebihi kasih sayang orang tua dengan anaknya

Kita merengek kepada allah minta sesuatu, tapi Allah tidak beri karena Allah tau dengan ilmunya yang sangat luas wawasannya kalau Allah kabulkan barang hal itu tidak tidak apa tidak bermanfaat atau memberikan bahaya untuk hidup kita. Kewajiban kita ketika berdoa ber khusnudzon kepada Allah SWT, dan ingat tidak harus Allah mengijabah itu langsung.
Dan Rasulallah minta kepada Allah supaya dibinasakan orang-orang yang Rosulullah sebutkan disitu. Setelah beberapa tahun baru Allah meng ijabah do'a Rasul.

Kata Umar bin khotob ada sebuah cara agar kita tidak putus asa Dari Berdoa.
Aku tidak membawa ketika berdoa itu keinginan ijabah, Tapi yang aku bawa adalah keinginan berdoa saja. karena orang yang diberikan Taufik untuk berdo'a kata Umar pasti ijabah akan bersamanya

Orang yang begitu besar keinginan ijabahnya akan mudah putus asa, tapi ketika kita berdo'a tujuan utama kita merealisasikan ibadah kepada Allah, saya sudah berdo'a dan keinginan kita hanya berdoa bukan diijabah, insyaallah dia tidak akan putus asa.
Makanya ucapan umar bin khatab ini penting untuk kita ingat , kata beliau "aku tidak membawa keinginan ijabah dalam do'a , tapi yang aku bawa adalah keinginan do'a" karena Siapa yang diberikan Ilham untuk doa, ijabah pasti datang persamaan.

Kewajiban kita adalah berkhusnuzon kepada Allah, jangan tergesa gesa, yakinlah Allah akan ijabah diri kita , justru kalau kita tergesa gesa minta di ijabah justru Allah tidak akan ijabah.
Kata Rasulullah SAW " Do'a seseorang itu akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa, minta di ijabah" .
Semoga kita termasuk orang yang senantiasa berdo'a kepada alllah, senantiasa kita tak pernah putus asa dengan rahmat Allah.

Wassalamu'alaikum




Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :