Minggu, 07 Agustus 2016

Farid Savarudin

Membuat Aplikasi Android Dengan Menggunakan Material Design

Dari wikipedia, Material Design adalah bahasa desain yang dikembangkan Google dan diumumkan pada konferensi Google I/O pada 25 Juni 2014. Memperluas pada motif "kartu" yang pertama kali terlihat pada Google Now, adalah desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding, dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan bayangan. Desainer Matías Duarte menjelaskan bahwa "tidak seperti kertas nyata, Desain Material kami dapat memperluas dan melakukan reformasi yang cerdas. Material memiliki permukaan fisik dan tepi. Jahitan dan bayangan memberikan makna tentang apa yang dapat Anda sentuh. Google menyatakan bahwa bahasa desain baru mereka didasarkan pada kertas dan tinta.
Desain material dapat digunakan di Android versi 2.1 dan setelahnya melalui v7 appcompat library, yang digunakan pada hampir semua perangkat Android yang dibuat setelah tahun 2009. Desain Material secara bertahap akan meluas ke seluruh berbagai produk web dan mobile Google, memberikan pengalaman yang konsisten di semua platform dan aplikasi. Google juga telah merilis antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk pengembang pihak ketiga untuk menggabungkan bahasa desain ke dalam aplikasi mereka.
Pada 2015, Desain Material yang tergabung dalam sebagian besar aplikasi mobile Google untuk Android termasuk GmailYouTubeGoogle DriveGoogle DocsGoogle Sheets,Google SlidesGoogle MapsInbox, dan semua aplikasi Google Play, dan sebagian kecil di Chrome Browser dan Google Keep; serta dalam antarmuka web desktop Google Drive, Docs, Sheets, Slide dan Inbox.
Implementasi kanonikal desain material untuk aplikasi web UIS disebut elemen kertas polimer.[8] Ini terdiri dari Polimer library, sebuah "shim" yang menyediakan Komponen Web API untuk browser yang tidak menerapkan standar natif, dan koleksi elemen kertas. 




Sekarang saya akan coba buat bikin aplikasi menggunakan material design.

1 .Buatlah Project Baru Beri nama MyProfile
2. Pilih Next,  Pilih target Android Device , pilih minimum API 14, Pilih next
3. Pilih Navigation Drawer,  Pilih next 
4. Finish 


Dan akan terbentuk beberapa layout dan activity:
activity : Main Activity : berisi kode untuk menampilkan navigation drawer dan item menunya.  
Layout : 
- activity_main.xml : memanggil layout content_main.xml 
app_bar_main.xml :untuk mengatur bagian menu item pada navigation bar 
- content_main.xml :
 - nav_header_main.xml

Kalo untuk mengubah layout bagian header menu navigasi, tinggal buka nav_head_main.xml di folder layout.

Buka folder menu > activity_main_drawer.xml untuk mengedit menu-menu yang akan diinginkan , atau buat kode seperti ini



buat kode berikut di content_main.xml

tentang.xml



lalu buat fragment

kita harus menambahkan kelas baru , caranya klik kanan pada java >new >class, beri nama Frag_Blog


Frag_Tentang


Frag_Profil

Frag_Komunitas

Frag_ima


Dan terakhir MainActivity 



Jika berhasil maka tampilannya akan seperti berikut : 













Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :