Selasa, 17 April 2018

Farid Savarudin

Double Linked List


     Setelah Anda membaca tentang salah satu jenis link single linked list, sekarang saatnya saya menyajikan jenis linked list yang lain yaitu double linked list. Pada dasarnya, penggunaan Double Linked list hampir sama dengan penggunaan Single Linked List yang telah kita pelajari pada materi sebelumnya. Hanya saja Double Linked List menerapkan sebuah pointer baru, yaitu prev, yang digunakan untuk menggeser mundur selain tetap mempertahankan pointer next.
     
     Keberadaan 2 pointer penunjuk (next dan prev) menjadikan Double Linked List menjadi lebih fleksibel dibandingkan Single Linked List, namun membutuhkan memori tambahan dengan adanya pointer tambahan tersebut.

Double Linked list dibagi menjadi:
DLLNC (Double Linked List Non Circular)
DLLNC "Double linked list non circular" adalah Double Linked List yang memiliki 2 buah pointer yaitu pointer next dan prev.
- Pointer next menunjuk pada node setelahnya.
Pointer prev menunjuk pada node sebelumnya.

Double : artinya field pointer-nya dua buah dan dua arah, ke node sebelum dan sesudahnya.
Linked List : artinya node-node tersebut saling terhubung satu sama lain.
Non Circular : artinya pointer prev dan next-nya akan menunjuk pada NULL.






Ilustrasi DLLNC



-          Setiap node pada linked list mempunyai field yang berisi data dan pointer ke node berikutnya & ke node sebelumnyaUntuk pembentukan node baru , mulanya pointer next dan prev akan menunjuk ke nilai NULLSelanjutnya pointer prev akan menunjuk ke node sebelumnya , dan pointer next akan menunjuk ke node selanjutnya pada list.

DLLC (Double Linked List Circular)
-          Pengertian secara umumnya DLLC itu Linked list yang menggunakan pointer, dimana setiap node memiliki 3 field, yaitu:
1 field pointer yang menunjuk pointer berikutnya "next",
1 field menunjuk pointer sebelumnya " prev ",
1 field yang berisi data untuk node tersebut .

-          Double Linked List Circular pointer next dan prev nya menunjuk kedirinya sendiri secara circular. Bentuk Node DLLC

Double : artinya field pointer- nya terdiri dari dua buah dan dua arah , yaitu prev dan next
Linked List : artinya node-node tersebut saling terhubung satu sama lain.
Circular : artinya pointer next dan prev-nya menunjuk ke dirinya sendiri

contoh Program nya

Farid Savarudin

About Farid Savarudin -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :